Selasa, 03 Januari 2012

LOKASI WISATA LOMBOK BARAT

Tempat Wisata Lombok Barat

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata Lombok Barat. Kabupaten Lombok Barat adalah merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas wilayah 862,62 Km2, dan lokasinya berada di ujung paling Barat Pulau Lombok, berdekatan dengan Pulau Bali.

Tempat Wisata Pura, Lombok Barat

Pura Batu Bolong Lombok Barat
Tempat wisata Lombok Barat berupa sebuah pura yang dibangun di atas karang di tepi pantai. Menurut legenda, di tempat ini dahulu sering dilakukan pengorbanan perawan untuk diberikan kepada ikan hiu. Dari tempat ini pengunjung bisa Gunung Agung di Pulau Bali.

Pura Gunung Pengsong Lombok Barat
Tempat wisata pura yang berada di puncak Gunung Pengsong, Desa Kuranji, Kecamatan Labuapi, yang dicapai dengan menaiki sekitar 350 anak tangga. Di pura yang konon merupakan salah satu pura tertua di Lombok ini terdapat banyak monyet liar yang keberadaannya cukup menghibur para pengunjung yang datang ke sana.

Pura Lingsar Lombok Barat
Tempat wisata pura di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 9,5 km dari Kota Mataram, yang dibangun pada 1714, dan lalu direnovasi pada 1878, adalah lambang kerukunan penganut Hindu Bali dan Muslim Sasak, khususnya bagi penganut Islam Wektu Telu, karena mereka sama-sama beribadah di Pura ini.

Pura Narmada Lombok Barat
Tempat wisata di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, sekitar 10 Km dari Kota Mataram, Lombok Barat, yang dibangun sekitar abad ke-19 oleh Raja Anak Agung Dede Karang Asem. Taman ini merupakan tiruan Danau Segara Anak yang berada di kaldera Gunung Rinjani, dimana terdapat pura, beberapa kolam air dan mata air yang airnya konon berasal dari Gunung Rinjani.


Tempat Wisata Pulau, Lombok Barat

Gili Asahan Lombok Barat
Gili Asahan merupakan sebuah pulau berpenghuni di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat yang bisa ditempuh alam waktu 1,5 – 2 jam dari Kota Mataram.

Gili Gede Lombok Barat
Tempat wisata yang merupakan sekumpulan pulau kecil di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sejauh 35 km dari Gerung, dan lalu naik perahu selama 20 menit.

Gili Kedis Lombok Barat
Tempat wisata pulau selebar 250 m yang merupakan pulau terkecil diantara keempat pulau yang ada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, dengan pantai yang jernih hening dan kabarnya mendapat julukan sebagai ‘romantic Island’ oleh para turis dari manca negara.

Gili Nanggu, Gili Tangkong, dan Gili Sudak Lombok Barat
Tempat wisata berupa deretan pulau-pulau kecil berpasir putih dihias batu karang dan gelombang laut, yang ditempuh dengan kendaraan umum dari Gerung ke Lembar, dan lalu naik perahu selama 30 menit. Pengunjung bisa menginap di Gili Nanggu untuk menikmati panorama saat matahari terbit.


Tempat Wisata Alam, Lombok Barat

Hutan Wisata Pusuk Pass Lombok Barat
Tempat wisata yang lokasinya berada di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, yang merupakan kawasan hutan rimbun dimana terdapat ratusan ekor monyet yang berlalu-lalang dipinggir jalan menunggu diberi makan oleh pengendara yang melintas di jalan yang berliku.

Pemandian Aik Nyet Lombok Barat
Tempat wisata alam yang lokasinya berada di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.


Tempat Wisata Makam, Lombok Barat

Makam Batu Layar Lombok Barat
Tempat Wisata Lombok BaratTempat wisata ziarah di kawasan wisata Senggigi, yang lokasinya berada di salah satu perbukitan di belokan jalan raya Senggigi. Tempat ini dipercaya merupakan petilasan dari Syech Duhri Al Haddad Al Hadrani, seorang ulama penyebar Islam yang berasal dari Bagdad, Iraq.
Makam Mambalan Lombok Barat
Tempat Wisata Lombok BaratTempat wisata ziarah di Desa Mambalan, Lombok Barat, dimana terdapat makam Lalu Gede, seorang penyebar agama Islam yang berdakwah, mengajar mengaji di Desa Mambalan dan sekitarnya, ketika Lombok masih dijajah oleh Gusti Anak Agung Bali.


Tempat Wisata Masjid, Lombok Barat

Masjid Karang Bayan Lombok Barat
Sebuah masjid tua yang berada di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, yang bisa dicapai dengan melalui Desa Batu Kumbung ke arah utara melewati Pasar Endut, atau melalui Desa Duman.


Tempat Wisata Pantai, Lombok Barat

Pantai Mangsit Lombok Barat
Tempat wisata pantai yang lokasinya berada di sebelah utara Pantai Senggigi, dengan pasir putih, ombak yang tidak terlalu kuat, dan panorama ini, berjarak sekitar 20 km dari Kota Mataram.

Pantai Mekaki Lombok Barat
Tempat wisata pantai berpasir putih indah yang lokasinya berada di barat daya Pulau Lombok, sekitar 50 km atau satu setengah sampai dua jam perjalanan dari Kota Mataram.

Pantai Senggigi Lombok Barat
Tempat wisata pantai di Lombok Barat yang telah lama terkenal, berjarak sekitar 12 km dari Kota Mataram, dimana pengunjung bisa melakukan water skiing, berjemur, dan menikmati panorama pantai saat matahari terbenam.

Pelabuhan Lembar Lombok Barat
Pelabuhan Lembar berada di Teluk Labuhan Tereng dengan pemandangan yang indah, berjarak sekitar 30 km dari Kota Mataram. Di Pelabuhan Lembar terdapat pelabuhan umum dan pelabuhan penyeberangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar