Selasa, 03 Januari 2012

Grabah Banyumulek

Gerabah Banyumulek
Banyumulek ini sangat sayang untuk dilewatkan. Di daerah ini banyakpengrajin gerabah sekaligus show room.
Memperlihatkan cara membuat suatu bentuk gerabah mulai dari awal dengan alat yang sederhana. Alatnya hanya berupa lempengan bulat yang dapat diputar dengan tangan. Bahan tanah liat selanjutnya tanah liat tersebut, dibentuk dengan alat pemutar ,setelah jadi dijemur dan dibakar ,selesai . Keahlian membuat gerabak ini menurutnya adalah keahlian turun temurun, sejak kecil ia telah diajarkan dan membuat gerabah.
Produk yang unik yang katanya paling banyak laku adalah kendi maling. Kendi ini bentuk dan fungsinya sama seperti kendi lain hanya saja tampak luar kendi ini lebih tinggi dan lebih eksotik dengan anyaman rotan. Yang aneh adalah kendi ini diisi air dari bawah kemudian ketika dipakai tentu dibalik lagi tetapi airnya tidak tumpah meski tidak ada penutup khusus yang kelihatan di bawah kendi, hanya katup di bawah bagian dalam sehingga tak kelihatan
Di Sukarara menawarkan berbagai macam motif dan warna kain tenun khas NTB.. juga bisa liat proses pembuatankain yang menggunakan mesin tenun tradisonal dan sederhana ,mungkin hampir semua penduduk Sukarara sebagai penenun.. dan para gadis disana diwajibkan harus sudah bisa menenun sebelum menikah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar